Featured Post

Kenapa Saya Memilih Windows Phone

Image
Sejak pertama kali dengar adanya hape yang pake OS windows, saya langsung tertarik.  Apalagi setelah melihat yang namanya lumia 520. saya yang waktu itu masih kelas 2 SMK langusng bertekat beli tuh hape. (Sekarang udah kerja malah dapet Lumia 535)
Smartphone murah meriah berkualitas ini dengan sukses membuat saya dan mungkin sebagian besar dari kita, ingin mengenal lebih tentang windows phone. Inilah beberapa alasan kenapa saya pilih windows phone.

Tentang Cortana

Siapa sih yang nggak kenal dengan Cortana? Sebagai pengguna smartphone Lumia pasti tidak asing dengan yang namanya Cortana. Yup Voice Assistant buatan Microsoft ini adalah Siri-nya smartphone berOS Windows dan pada postingan pertama saya di blog ini, saya akan mencoba memperkenalkan Cortana kepada kalian semua tentang Cortana.


sumber: nymgamer.com.
Cortana sebenarnya adalah salah satu karakter dari game HALO series dan doi adalah Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan manusia untuk membantu sang tokoh utama yaitu Master Chief.

sumber: halodude356.deviantart.com

Penampilan cortana seperti di gambar pertama diatas, berubah ubah seiring dengan kemajuan teknologi. FYI Cortana memilih berpenampilan seperti perempuan yang "telanjang" biar orang lebih memperhatikan waktu dia ngomong. Dan beginilah penampilan cortana pada game Halo terbaru yaitu Halo 5 Guardian:

udah pakai baju, hehe...
sumber: ngedit sendiri
Tapi sayangnya dia justru jadi musuh alias antagonis di game terbaru tadi karena di udah capek liat perang sodara - sodara (hiks).

Mungkin kebanyakan dari kalian bahkan nggak pernah denger tentang seri game Halo secara gem itu eksklusif di konsol Xbox dulunya, sedangkan di Indonesia yang populer mah PS atau playstation.
Nah, berhubung seri game Halo itu buatan Microsoft dan konsol Xbox juga buatan Microsoft, maka keluarlah gagasan untuk menamai asisten cirtual Windows phone Cortana, biar ikonik gitu...

tapi kok di dunia nyata tampilannya jadi kayak gini yak?
sumber: howtogeek.com

Sebagai info tambahan, (kalo mau baca) Cortana versi game dibuat pada 7 November tahun 2549 dan dimasa itu, ada dua jenis Artificial Intelligence atau AI yaitu dumb AI dan smart AI yang mana Cortana adalah termasuk smart AI.

Dumb AI  atau AI versi "bodoh" adalah AI yang hanya bisa melakukan 1 tugas saja seperti AI yang udah ada sekarang yang dibuat dengan pemrograman komputer. Sedangkan smart AI dibuat dengan hasil dari pemindaian atau scan otak manusia yang sudah meninggal kecuali Cortana yang merupakan dibuat dari otak "kloningan" dari salah satu ilmuwan bernama Dr. Catherine Halsey yang tergolong paling jenius di masa itu.

Dikarenakan smart AI dibuat berdasarkan otak manusia, smart AI  mempunyai kemampuan untuk berkembang dan belajar dengan sendirinya, bahkan bisa sampai menunjukkan emosi dan perasaan.
AKAN TETAPI umur sebuah smart AI hanyalah 7 sampai 8 tahun karena "overcapacity" atau kepenuhan memori disebabkan belum ada komputer buatan manusia yang bisa menampung data sebanyak itu sekaligus memprosesnya sehingga smart AI akan mulai berlaku aneh dan tidak stabil. proses ini disebut "Rampancy".

Sebagai pengecualian Cortana sudah berhasil mengatasi masa - masa "rampancy" tersebut karena dia lari ke jaringan komputer alien dan mencapai tahap "meta-stability" yang mana pada tahap ini sikap dari sebuah AI dianggap sama dengan manusia.

video
Cortana lagi "M" wkwkwk
sumber: colmseeley.wordpress.com
Sayangnya, setelah dia mencapai tahap meta-stability, Cortana sebagai AI yang ditugaskan untuk membantu operasi militer mulai lelah melihat perang, sehingga Cortana yang telah mesuk ke jaringan komputer alien sekaligus akses ke senjatanya, berinisiatif menciptakan perdamaian secara paksa dengan mengubah semua makhluk hidup ke dunia digital dibawah kendalinya.
sekian artikel saya ini, 

Comments

Popular posts from this blog

Kenapa Saya Memilih Windows Phone