Jumat, 10 Februari 2017

Apa itu Font?

Font adalah suatu set karakter, biasanya sih huruf, angka, simbol dan tanda bacanya. Gont dibedakan dari ukuran, ketebalan dan gayanya.

Sumber: dreamstime.com

1. Ukuran Font

Ukuran font didefinisikan dengan piksel. Contohnya 12 piksel Arial artinya font bernama Arial dengan ukuran 12 piksel. Kalimat yang situlis dengan font Arial berukuran 12 piksel jadinya bakal seperti ini:


2. Ketebalan Font

Ketebalan Font maksudnya adalah ketebalan dari "garis" atau "goresan" dari Font tsb. Ketebalan Font dibagi - bagi dengan istilah regular, bold, dan light. Regular atau standar, adalah ketebalan default dari font tadi sedangkan light artinya lebih tipis dari ketebalan standar dan bold adalah yang paling tebal.
perbandingan antara regular dan bold

3. Font Style

Font bisa jadi italic condensed (atau narrow), compressed, extended dsb.
Beberapa font style dari keluarga Arial
Selain dari tiga hal yang tersebut diatas, font juga dibedakan dengan desain, orientasi (dari kanan ke kiri seperti huruf arab), metode pembuatan (dengan piksel atau vektor).

Font Family

Font Family, atau yang disebut juga dengan typeface adalah kumpulan dari semua font yang memiliki desain yang mirip  satu sama lain. Misal Arial, Calibri, Segoe, dll.
Font Arial terdiri dari Arial light, Arial regular, Arial italic, Arial medium, Arial bold, Arial black, Arial condensed, Arial narrow, Arial monospaced, Arial rounded, Arial cyryllic, Arial greek, dll.

Font sebagai File

Font biasanya berupa .ttf atau  .otf.. Ttf  singkatan dari truetype fonts adalah format font yang paling umum digunakan pada komputer windows dam mac, karena dibuat oleh Microsoft dan Apple
sedangkan .otf adalah singkatan dari OpenType Font yang dibuat oleh Microsoft dan Adobe.

Sekian artikel saya ini, semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. very inspiring, nice info font ...

    BalasHapus
  2. makasih infonya, bermanfaat bgt artikelnya saya jadi paham apa yang dimaksud font keren

    BalasHapus

Featured Post

Kenapa Saya Memilih Windows Phone

Sejak pertama kali dengar adanya hape yang pake OS windows, saya langsung tertarik.  Apalagi setelah melihat yang namanya lumia 520. saya ...