Rabu, 31 Mei 2017

Jatuh Bangunnya Nokia


Nokia terbentuk pada tahun 1865 di Espoo, Uusimaa, di negara Finlandia sana. Awalnya Nokia adalah pabrik pengolahan kayu dan hasil hutan selama 90 tahun. Pendiri yang bernama Fredrik Idestam membangun pabrik kedua didekat kota Nokia, yang nantinya akan menjadi nama perusahaan ini.
Dari terbentuknya perusahaan ini sampai sekarang, Nokia telah melalui banyak evolusi, bergabung dengan banyak perusahaan, dan memproduksi beragam benda. Dengan itu bisa disimpulkan bahwa:

Nokia bukanlah perusahaan yang kecil

Susah banget nulis sejarahnya perusahaan yang umurnya udah 152 tahun, apalagi kalau bisnisnya macem macem, kayak Nokia ini. Dikit banget orang yang tau kalau Nokia juga bikin ban mobil.



Sumber: Wikipedia
Nokian Hakkapeliitta, mendapat penghargaan sebagai ban salju terbaik tahun 2016
Dan tisu toilet.
Sumber: Wikipedia
Jadi saya putuskan untuk fokus pada era dimana Nokia terkenal sebagai produsen handphone saja.
Handphone pertama Nokia adalah Mobira Cityman 900
Sumber: The 80s Twins Blog
Nokia berperan dalam pengembangan jaringan sinyal GSM di tahun 80-an, dan merealisasikannya bersama dengan Siemens.
Pada November 1992, Nokia 1011 adalah ponsel pertama yang dijual secara komersial, dan mengalahkan Motorola dalam penjualan Handphone.Dan meraup kesuksesan di Eropa, Afrika, Asia dan Oceania,
 Nokia juga pelopor dalam bidang mobile gaming, karena banyak ponsel produksi mereka yang sudah termasuk game didalamnya, dan salah satunya adalah game Snake yang terkenal. Gem snake juga mendongkrak popularitas ponsel Nokia 3310 yang terkenal sampai sekarang akan ketangguhannya, sedangkan ponsel Nokia dengan penjualan terbanyak adalah Nokia 3310 di tahun 2003.

Ponsel kamera Nokia pertama dengan kamera adalah Nokia 7650 dan Nokia 3600&3650 adalah ponsel kamera pertama di Amerika Utara.
Nokia 3650
Sumber: Coolspotters
Nokia 7650
Sumber: Wikipedia
Banyak inovasi dalam kamera ponsel oleh Nokia, Antara lain;
Nokia N93, bisa berubah menjadi handycam
Sumber: Allaboutsymbian
Nokia N95, Ponsel pertama dengan resolusi sebesar 5 mp di dunia
Sumber: ebay
Nokia N82, dengan Xenon flash
Sumber: Into Mobile
Nokia N8, ponsel dengan sensor kamera sebesar1/1.83"
Sumber GSMArena
Nokia 808, yang ini pasti tau sendiri kan...
Sumber: Wikipedia
Nokia Lumia 920, yang mengusung penyempurnaan teknologi Pureview dari Nokia 808
Sumber: Pinterest
Nokia sebenarnya sudah merancang konsep "camera phone" sejak tahun 1994. Dan di tahun 2003, Nokia berinisiatif untuk memasuki duna game portabel lewat N-Gage, tetapi gagal mengalahkan dominasi Nintendo Gameboy yang sangat laris pada saat itu.

Era Symbian

Symbian S60 meraih popularitas pada pertengahan tahun 2000-an, dan OS ini paling laris di Eropa dan Asia. Smartphone Symbian tersukses saat itu adalah N95 dan E71 hingga 2008.
OS Symbian akan kita bahas lebih detail di artikel terpisah.

Era Stephen Elop

Stephen Elop diumumkan sebagai CEO Nokia mulai 2010 dan CEO Nokia pertama yang bukan orang Finlandia.
Stephen Elop datang saat persaingan dunia smartphone mulai ketat, Symbian sudah mulai ketinggalan jaman seiring dengan menguatnya iPhone dan Android. Sebagai upaya untuk bertahan, Nokia mengembangkan penerus Symbian, yaitu MeeGo di tahun 2010. Namun, karena Stephen Elop menjual sebagian besar divisi ponsel Nokia kepada Microsoft, pengembangan MeeGo dihentikan walupun ditanggapi secara positif oleh pasar, yang saat itu diusung oleh Nokia N9. Market Share Nokia menurun dengan cepat bersamaan dengan menurunnya minat konsumen pada perangkat Symbian. Pada tahun 2012, harga saham Nokia jatuh dibawah angka $2 (2 dolar Amerika). Nokia nyaris bangkrut.
Di tahun yang sama, Nokia Lumia 920 diluncurkan, dan dianggap sebagai Lumia high-end pertama yang mampu menantang kompetitor. walaupun penjualan Nokia Asha di negara berkembang mulai membuahkan hasil, tetap tidak mampu menanggung masalah keuangan yang masih dialami Nokia.
Setelah divisi mobile Nokia diakuisisi secara penuh oleh Microsoft, Nokia resmi berganti nama menjadi Microsoft Mobile, sedangkan manajemen pusat Nokia sendiri masih independen.
Walaupun dalam kondisi "pas-pasan", Nokia masih mampu membeli sebagian saham dari Siemens pada Juli 2013, dan terbukti mambantu menutupi kebutuhan operasional Nokia. Di tahun yang sama Nokia berganti nama menjadi Nokia Networks.
Di tahun 2014, Nokia mencoba kembali masuk ke pasar mobile dengan tablet Nokia N1, tablet Android pertama dari Nokia. Menurut Robert Marlino, juru bicara Nokia, sebagai strategi untuk bertahan, sementara ini Nokia akan "menyewakan" namanya kepada HMD untuk mengumpulkan modal untuk bersaing penuh di dunia smartphone, sekaligus merekrut ahli software, melakukan tes produk, dan mencari distributor. Nokia sempat memproduksi kamera 360 derajat di tahun 2015 bernama OZO yang ditujukan untuk kalangan profesioal.
Sumber: Nimblechapps
Ditahun itu pula Nokia bergabung dengan Alcatel sebagai upaya memperkuat diri menghadapi persaingan global.
Tanggal 3 Agustus 2015, Nokia sepakat menjual divisi peta HERE kepada BMW, Daimler AG, dan VW Group sejumlah$2,8 juta
HMD membeli lisensi nama Nokia untuk jangka panjang, yang kemudian "ditempelkan" ke produk mereka yang bernama Nokia 6, Nokia 5, Nokia 3, dan Nokia 3310

Logo Nokia dari Masa ke Masa




Bahas Nokia rasanya nggak lengkap tanpa bahas Symbian, tapi berhubung artikel ini sudah termasuk panjang jadi nanti kita akan bahas terpisah di artikel yang lain, jadi, jangan sampai ketinggalan!

1 komentar:

  1. Ponsel kamera Nokia pertama dengan kamera adalah Nokia 7650 dan Nokia 3600&3650 adalah ponsel kamera pertama di Amerika Utara.
    LukQQ
    Situs Ceme Online
    Agen DominoQQ Terbaik
    Bandar Poker Indonesia

    BalasHapus

Featured Post

Kenapa Saya Memilih Windows Phone

Sejak pertama kali dengar adanya hape yang pake OS windows, saya langsung tertarik.  Apalagi setelah melihat yang namanya lumia 520. saya ...