Earphone, Headphone, Headset, Apa Sih Bedanya?

Sering kali kita salah kaprah dalam menyebut nama barang yang satu ini, fungsinya yang mirip - mirip dan bentuknya yang bermacam - macam membuat orang menyebutnya dengan sebutan umum yaitu headset. Dalam kenyataan sih berhubung bentuknya beda dan karakternya suaranya beda, namanya pasti beda. Dalam kalangan profesional dan para pedagang serta komunitas audiophile (orang yang terobsesi dengan kualitas suara), dimana penyebutan namanya harus benar untuk menghindari salah paham.

Nah, dibawah ini Ane bakal ngasih ilmu dan pengetahuan dalam penamaan alat yang bisa bikin orang lupa dunia ini beserta ilustrasinya.

1. Earphone

Earphone adalah salah satu korban paling menderita dalam kesalahsebutan nama oleh para orang awam, seringkali disebut headset atau handsfree, earphone sebenarnya memiliki dua kategori:

A. Earbuds

Earbuds yaitu jenis earphone yang cuman nyantol di kuping, jadi nggak sampai masuk ke lubang telinga, jenis ini diminati banyak orang karena dianggap lebih aman dan nyaman bagi sebagian orang di telinga dari pada tipe In-Ear yang masuk ke dalam lubang telinga.

B. In-ear earphone

In-ear hanya memiliki perbedaan pada cara pemakaian dan bentuk fisiknya, dan cara memakainya yang dimasukkan ke lubang telinga. Peminat earphone jenis ini mengutamakan kemampuan dalam  memblokir suara dari luar dan ada beberapa jenis yang bisa dipakai untuk berenang. Oh iya, earphone jenis ini juga disebut in-ear monitor.
ini yang bisa dipakai berenang

2. Headphone

Headphone juga terbagi dalam 2 tipe, antara lain on ear dan over ear. Inilah yang bentuknya melengkung diatas kepala.

A. On ear Headphone

On ear headphone memiliki busa/pad yang relatif kecil, jadi akan menempel di luar telinga, makanya dinamai on ear headphone. Pilih yang ini kalau pengen headphone yang ringan tapi bisa memblokir suara luar lebih baik dari earphone.

B. Over ear Headphone

Kurang lebih sama dengan yang diatas, tapi konstruksinya lebih kokoh dan berat, tapi perbedaan utamanya terletak pada pad/busanya yang lebih besar mengitari telinga sehingga kemampuan memblokir suara dan kenyamanannya yang paling tinggi. Cocok dipakai untuk main game, dengerin musik di rumah atau saat dalam perjalanan jauh, karena nyaman dipakai dalam waktu lama.

Headphone mempunyai dua jenis lagi, yaitu closed back dan open back, seperti gambar diatas, ada yang belakangnya tertutup dan yang bolong - bolong. Perbedaannya adalah yang tertutup, sumber suara akan terasa berasal dari tengah kepala, atau terdengar dekat sekali di telinga, sedangkan yang bolong - bolong akan terasa "berjarak" dan suara musik akan terdengar seakan dimainkan mengalilingi kita, tapi orang lain bakal dengar juga apa yang kita dengarkan.

3. Headset

Headset adalah semua yang diatas tadi, dengan tambahan microphone (jadi kita ngak salah salah amat), tetapi pengertiannya terlalu luas. Aksesoris VR yang dipakai di kepala juga termasuk headset lho.

Semoga udah nggak bingung lagi, ingat, gunakan istilah dan nama yang tepat agar kita nggak salah sebut waktu kita mau beli di toko khusus audio, kalo di konter sih bilang headset aja :P.

No comments:

Post a Comment